Minggu, 28 Juni 2009

Beli Buku Digital secara Online



Oleh : Ali margosim

Beli buku secara online memang belum popular di tengah-tengah masyarakat kita. Masyarakat masih cenderung untuk berbelanja apa pun saja yang fisiknya dapat dilihat dan diraba/dipegang. Saya kira hal ini syarat mutlak. Begitupula halnya dengan berbelanja buku. Buku yang dicetak dalam bentuk hardcopy (print out), itulah buku yang dikenal oleh masyarakat kita pada umumnya.
Sementara kemajuan teknologi menghendaki keefisienan dan keefektifan yang lebih dalam berbagai hal. Kecanggihan produk, waktu yang relative pendek, biaya yang murah dan kemudahan dalam penggunaan menjadi daya tawar dari kemajuan teknologi, sehingga zaman kini lebih tepatnya disebut dengan zaman digital.
Sekarang dan kedepannya, dengan teknologi digital ini memungkinkan orang untuk melakukan banyak hal dulunya dianggap mustahil. Seperti halnya seorang mahasiswa, dosen atau guru mampu membawa ratusan bahkan ribuan buku yang beratnya hanya seberat laptop atau flash disk mereka. Ya, ratusan buku bahkan ribuan buku mereka tersebut dalam bentuk buku digital. Sangat berbeda halnya dengan hardbook (buku print out/buku yang ada di tangan anda sekarang), paling kuat anda membawanya antara 5-10 buku. Itu sangat memberatkan tentunya.
Pada kenyataannya, hanya sebagian kecil diantara kita yang masih setia menenteng banyak buku ke kampus, sekolah, kantor atau kemana pun. Hal ini sudah menjadi bukti kuat bahwa telah terjadi transisi yang besar dari zaman manual ke zaman digital, layaknya sekarang.
Walau buku digital cukup praktis, efisiensi waktu, efektif dan murah, kita tetap mengakui ada kelemahannya. Kelemahan buku digital adalah pada daya tahan baca kita di depan layar/monitor, banyak diantara kita yang bila telah membaca lebih dari satu jam matanya mulai lelah. Dan, kelemahan berikutnya jumlah computer/laptop atau PC lainnya yang masih kurang di tengah-tengah masyarakat.
Beli buku secara online. Dalam hal ini kita kenal amazon.com, salah satu toko buku online terbesar di amerika. Kembali ke keilmuan masyarakatnya, diakui maupun tidak ternyata mereka jauh lebih maju dengan masyarakat kita. Mereka sangat antusias dengan online. Kepercayaan mereka terhadap transaksi online tinggi. Bagaimana dengan Indonesia? Masyarakat kita butuh banyak waktu untuk bisa seperti mereka. Masyarakat Indonesia lebih banyak khawatirnya ketimbang percaya.
Mungkin kita butuh memahamkan masyarakat. Saya kira ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika berbelanja secara online. Kita bisa memastikan bahwa situs yang menawarkan tersebut bisa dipercaya bukan fiktif belaka. Hal-hal tersebut diantaranya adalah sudah berapa lama situs itu online, baru/lama/sudah dikenal banyak orang, boleh baru asal menyertakan lengkap siapa pemiliknya yang disertai dengan CP yang bisa dihubungi, email dan alamat yang benar-benar ada jika dicari, isi tawaran logis atau tidak mengada-ada.
Amazon.com yang pada awalnya adalah toko buku online kini telah berkembang menjadi Toko Online terbesar yang tidak lagi hanya menjual buku tapi telah meluas hampir semua kebutuhan sehari-hari.
Bagaimana dengan Madinah Publisher.Com? Madinah Publisher.Com adalah penerbit buku-buku digital berkualitas, bergengsi, pertama di Indonesia. MP (Madinah Publisher.Com) menerbitkan naskah-naskah berkualitas dari berbagai jenre sekaligus berperan sebagai Toko Buku Digital. MP membantu menjualkan buku-buku digital anda secara online di berbagai penjuru dunia.
Dengan demikian, beli buku digital lewat online adalah gengsi tersendiri, mudah dan murah. Zaman digital bacaannya tentu buku-buku digital.